26 Mar 2012

MENGECEK LULUS DAN TIDAK LULUS (FUNGSI LOGIKA EXCEL )

Dalam M.S. Excel ada salah satu fungsi yang wajib di ketahui oleh para walikelas, mengapa? karena dengan menguasai fungsi ini maka kita tidak ngawor dan tidak repot untuk menyelesaikan pekerjaan yang berghubungan dengan nilai siswa, baik untuk mencari rata-rata, rankink ataupun opsi yang lainya.

yang akan sedikit saya bahas di sini adalah FUNGSI LOGIKA. 
Fungsi logika dalam Microsoft Excel adalah untuk mengecek nilai benar atau salah, "True and False". Ada beberapa opsi dalam fungsi ini yaitu: IF, OR, AND, NOT, FALSE dan TRUE.

Fungsi IF, untuk menyatakan prasyarat. Sintaknya adalah:  

=IF(Syarat_Logika,Jawaban_Benar,Jawaban_Salah).

Jika Syarat yang ditentukan terpenuhi maka akan menampilkan jawaban benar, jika syarat tak terpenuhi maka akan menampilkan jawaban yang salah. Sebagai contoh akan saya berikan penerapan rumus ini pada saat akan mencari siapa yang LULUS dan TIDAK LULUS dalam Suatu tes mata pelajaran, di sini saya akan memberikan contoh standar kelulusan adalah nilai rata-rata harus 5,25, maka jika ada siswa yang nilai rata-rata nya di bawah 5,25 tidak lulus dan jika mencapai 5,25 maka lulus.... nah di sini yang menjadi Syarat adalah Rata-rata 5,25. Paham to maksudku... heheheeeee... nek gak paham yo pindah ke Paud Sebelah.. kwakwkakwkakwkawk.... Sory Sob.... Becanda... Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel berikut: 
Pada tabel di atas terlihat bahwa siswa yang mempunyai nilai rata-rata di bawah 5,25 maka di kolom keterangan tertulis TIDAK LULUS, dan yang memenuhi 5,25 Tertulis LULUS.... Begitulah kira-kira....

Baiklah... untuk rumusnya sebagai berikut:

1. ketiklah pada SELL N13 rumus seperti ini: =IF(M13>5,25;"Lulus ";"Tidak lulus") Lalu tekan ENTER
KETERANGAN: 
rumus di atas menyatakan jika cell M13 nilainya lebih dari 5,25 maka akan menampilkan jawaban LULUS, maka selain angka yang lebih dari 5,25 akan ter tulis TIDAK LULUS. 

Setelah anda menuliskan rumus itu pada cell M13, maka anda tinggal mengkopikan rumus tersebut ke cell M14- dst. mudah bukan... selamat mencoba... 

JIKA ADA PERTANYAAN SILAKAN TULIS KOMENTAR DI KOTAK KOMENTAR,